nama-domain

Memilih sebuah nama domain/website yang tepat memang sangat penting, disamping pemilihan nama domain yang tepat akan membuat orang lain bisa dengan mudah menemukan website kita tetapi juga sangat berpengaruh juga dengan hasil pencarian di mesin pencari google. Nama website yang menarik bisa memberikan dampak yang besar bagi kelangsungan bisnis online kita. Jadi bagaimana cara menentukan atau memilih nama domain yang tepat untuk website kita? Berikut ini tips yang saya rangkum dari berbagai sumber diinternet :

Berkesan
Sebuah nama domain yang baik harus mudah diingat. Memilik nama website yang berkesan akan memudahkan orang untuk mengingat kembali website Anda. Sebaiknya timbulkan kesan yang tegas dan mewakili usaha yang Anda jalankan. Sebisa mungkin hindari singatan dan kata-kata yang susah dibaca.

Singkat
Dua puluh karakter adalah maksimal. Akan lebih baik jika hanya sepuluh. Karena nama domain yang panjang dan rumit akan menyulitkan orang lain, dan akan makin susah untuk diingat.

Ekstensi yang tepat
Ada beberapa ekstensi domain yang tersedia, .com untuk badan usaha komersial, .net untuk penyedia jaringan ISP, .org untuk lembaga organisasi, .edu untuk institusi pendidikan. Namun ekstensi .com sejauh ini tetap merupakan ekstensi yang paling mudah diingat dan paling banyak digunakan. Ekstensi terbaik ke dua adalah .net. untuk diindonesia saat ini mulai banyak juga menggunakan .id yang menunjukan ke Indonesiannya.

Mudah dieja
Nama domain yang susah dieja akan menyulitkan Anda dan pelanggan Anda. Gunakanlah istilah atau kata yang umum. Dan jika tidak memungkinkan, setidaknya gunakan brand atau nama perusahaan Anda. Kebayang kan bagaimana susahnya pengunjung Anda mengingat nama domain seperti 39kltc.com ??? HHee.. 😀

Deskriptif
Sebuah nama domain yang baik memang sebaiknya bersifat deskriptif. Karena itu akan memudahkan pengunjung dan pelanggan Anda mengasosiasikan nama domain dengan usaha Anda.

Tidak menggunakan simbol
Ya, sebaiknya jangan membuat nama domain yang mengandung angka atau tanda hubung. Karena kecenderungan orang ketika akan mengetik nama domain suatu website, biasanya gandeng semua tanpa tanda hubung. Jika memang terpaksa, sebaiknya nama domain jangan terlalu panjang.

Gunakan nama pribadi atau kata kunci tertarget
Ada baiknya jika Anda ingin membuat blog / website pribadi maka gunakanlah nama pribadi atau nama panggilan yang lebih singkat. Kita juga bisa menggunakan kata kunci yang tertarget untuk membuat website dengan niche tertentu, seperti paridjogja.com, daihatsudjogja.com, biosoftskincare.com, dsb.
Gabungkan nama merek atau nama perusahaan dengan jenis usaha yang dijalani
Semisal Anda mempunya usaha di bidang penjualan baju batik, dan Anda juga mempunyai nama usaha semisal CV. Wisnu. Maka untuk memudahkan orang mengenal nama usaha Anda dan bisnis yang Anda jalani, ketika hendak memilih nama domain bisa menggabungkan dua elemen ini, menjadi batikwisnu.com atau wisnubatik.com

Rumusnya: brand + jenis usaha, atau dibalik.

Nah, bila masih mengalami kesulitan dalam memilih nama domain untuk website Anda. Anda bisa menghubungi marketing ShaVa Desain untuk mendapatkan bantuan.. Semoga tips memilih nama domain ini bermanfaat dan dapat diterapkan saat Anda membuat Website. Silahkan bereksplorasi…

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *