Promosi melalui media sosial adalah cara promosi termurah dan termudah. Karena itu, banyak promosi bisnis ditemukan di beberapa media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Pemasaran media sosial membutuhkan tips dan trik untuk menarik perhatian orang. Meskipun cukup mudah dilakukan, masih ada banyak kesalahan yang sebenarnya dilakukan oleh banyak pengusaha. Jadi, agar tidak gagal dalam berpromosi dengan media sosial, berikut ini adalah kesalahan yang harus dihindari.

1. Kurangnya Pembaruan Informasi

Percayalah, tidak ada komunitas yang tahu informasi tentang bisnis Anda jika Anda tidak diberi tahu sebelumnya. Sangat sering rasa ingin tahu muncul dari suatu pernyataan atau informasi. Karena itu, terorganisir dalam memperbarui informasi. Beri tahu pengikut Anda apa menu terbaru di restoran. Beri tahu mereka berapa harga terbaru untuk pakaian butik Anda. Dengan begitu, pengikut Anda di media sosial dapat menemukan informasi terbaru tentang bisnis Anda.

Jika Anda jarang melakukan pembaruan, akan jarang akun bisnis Anda muncul di beranda pengikut. Dengan begitu, mereka tidak akan merasakan perbedaan antara menjadi pengikut Anda dan tidak terlalu banyak sehingga mereka cenderung berhenti menjadi pengikut Anda.

2. Kurang Komunikatif

Berkomunikasi dengan konsumen adalah suatu keharusan jika ingin melakukan pemasaran melalui media sosial. Anda harus mengingat tujuan menciptakan akun media sosial bisnis. Jika Anda tidak berkomunikasi dan dengan konsumen, ada kemungkinan terjadi kesalahpahaman. Tentu saja kesalahpahaman akan merugikan Anda dan pembeli potensial.

3. Lambat dalam Menanggapi Konsumen

Pembeli adalah raja. Mereka tidak ingin tahu mengapa Anda lama membalas pesan mereka di media sosial. Yang mereka tahu adalah bahwa Anda memiliki kewajiban untuk menjawab pertanyaan mereka. Karena Anda juga membutuhkannya. Karena itu, jika seseorang menanyakan sesuatu, misalnya apakah barang yang Anda jual masih tersedia atau tidak, jawablah sesegera mungkin. Bisa jadi dia benar-benar membutuhkan item pada saat itu sehingga dia harus mendapatkannya sesegera mungkin.

Jangan menunda terlalu sering untuk menjawab pertanyaan calon pembeli. Karena jika Anda terus tertunda, pertanyaan akan menumpuk. Dengan respons yang panjang, tentu saja itu akan mengurangi kepercayaannya pada Anda sehingga ia lebih memilih penjual lain. Selain itu, penting untuk memberi tahu jam aktif Anda dalam menanggapi pertanyaan calon pembeli sehingga mereka dapat mengetahui dan memahami jika ada respons yang lambat.

4. Terlalu Sering Mengirim Posting

Selain jarang memperbarui informasi tentang bisnis, ternyata terlalu sering mengirim posting juga jangan sampai Anda lakukan. Ini hanya akan membuat para pengikut kesal karena mereka telah memenuhi beranda. Selain itu, jika Anda memposting hal yang sama, produk yang sama, dan informasi yang sama, pengikut Anda juga ingin mengetahui informasi tentang teman atau kerabat atau produk bermerek lainnya. Dengan begitu, posting Anda akan dianggap “menyampah” di beranda mereka dan kemungkinan mereka akan berhenti menjadi pengikut Anda.

Jaga Keyakinan Konsumen Saat Melakukan Promosi melalui Media Sosial

Sebagai wirausahawan, Anda harus menjaga kepercayaan konsumen di mana Anda harus memperhatikan etika dalam penggunaan media sosial. Jangan mengisi beranda mereka dengan memposting akun bisnis Anda. Jangan membuat mereka menunggu lama untuk balasan obrolan Anda karena sebenarnya Anda juga harus menghargai rasa penasaran mereka. Kesalahan dalam penggunaan media sosial umumnya memang sangat sederhana, sehingga banyak yang belum menyadarinya. Padahal, hasilnya sangat fatal karena bisa membuat konsumen meninggalkan bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *